WHO: Cabut Protokol Lockdown Bukan Akhir dari Epidemi Virus Corona

WHO: Cabut Protokol Lockdown Bukan Akhir dari Epidemi Virus Corona
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto/WHO)

SERAMBIRIAU.COM - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan mencabut protokol lockdown sebagau upaya menge bahwa pencabutan pembatasan penguncian untuk Covid-19 bukanlah akhir dari epidemi virus corona, , itu hanyalah awal dari fase selanjutnya.

Berbicara dalam pertemuan virtual para Menteri Kesehatan G-20 pada Minggu, 19 Arpil di Jenewa, Swiss, Tedros mengatakan sangat penting dalam fase berikutnya pemerintah dunia mendidik, melibatkan dan memberdayakan masyarakatnya untuk mencegah dan merespons pemulihan.

"Beberapa negara G-20 mulai merencanakan melonggarkan pembatasan sosial. Sangat penting bahwa langkah-langkah ini adalah proses yang bertahap," katanya mengutip Reuters, Senin (20/4/2020).

Dr Tedros mengatakan kepada para menteri kesehatan bahwa WHO sangat prihatin karena virus corona semakin meningkat di negara-negara yang kekurangan kapasitas.

"Dukungan seera diperlukan, tidak hanya mendukung negara untuk merespons Covid-19, tetapi untuk memastikan layanan kesehatan penting lainnya terus berlanjut," ujarnya.

Dr Tedros juga mengambil kesempatan untuk berterima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi atas dukungannya terhadap perang global melawan virus.

Arab Saudi mengumumkan pada Kamis pekan menyumbang USD500 juta (sekira Rp) kepada WHO untuk mendukung upaya dalam memerangi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 telah mengingatkan kita akan kebenaran sederhana, kita adalah satu umat manusia. Kita berbagi planet yang sama. Kita berbagi harapan dan impian yang sama. Kita berbagi takdir yang sama," kata Direktur WHO. 

(OkeZone)

Berita Lainnya

Index